Sabtu, 12 Oktober 2013

Menghitung Umur Menggunakan MS Excel

Jika anda seorang guru, maka seringkali kita akan dimintai data tentang kondisi sekolah kita. Data tersebut dapat berupa data fisik sekolah atau data kondisi siswa kita. Salah satu jenis data yang sering diminta adalah umur siswa.

Jika sekolah kita merupakan sekolah kecil, maka mencari umur siswa dengan cara manual dapat dilakukan. Tetapi jika sekolah kita adalah sekolah yang besar maka menghitung umur siswa dengan cara manual akan menyita banyak waktu dan rawan terjadi kesalahan.

Dengan menggunakan MS Excel kita dapat mengetahui umur siswa dengan berbekal tanggal lahir siswa tersebut. Secara umum langkah untuk mencari umur siswa adalah sebagai berikut :
  1. mencari selisih antara tanggal acuan dan tanggal lahir siswa dan membaginya dengan 365 hari, maka akan didapat umur dalam bilangan desimal.
  2. mengubah umur siswa tersebut dari format number menjadi format teks. Hati-hati jangan melakukan pembulatan terhadap umur siswa karena akan membuat hasilnya tidak falid.
  3. Setelah menjadi format teks, maka kita akan mengambil 2 karakter dari kiri, hasil tersebut merupakan umur siswa.
berikur adalah screenshotnya










rumusnya adalah =LEFT(TEXT((DATE(2013,10,1)-D5)/365,"0.00"),2)












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...