Jumat, 25 April 2025

Ekstrakurikuler TIK: Tutorial Game "Makan Ikan" dengan Scratch



Pagi tadi (25/4), hampir semua siswa SMP Negeri 4 Satu Atap Kragan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler, termasuk ekstrakurikuler komputer. Kegiatan ini dilaksanakan di laboratorium komputer sekolah, dan hari ini materi yang dipelajari adalah membuat game sederhana dengan menggunakan scratch.

Namun saya merasa bahwa siswa mungkin membutuhkan dokumentasi cara pembuatan game tadi, karena tadi yang dilakukan adalah praktik langsung, sehingga mungkin sebagian siswa lupa bagaimana langkah-langkahnya. Tulisan ini saya buat agar siswa dapat mempelajari kembali materi yang dipelajari tadi pagi, dan mampu menduplikasi dan mengembangkannya menjadi karya yang lebih bagus lagi.

Alur game ini sederhana, jika ikan yang dikendalikan pemain memakan ikan kecil lain maka ukuran tubuh ikan akan bertambah. Namun dalam game tersebut saya tambahkan karakter hiu yang apabila ikan pemain bersentuhan dengan ikan hiu maka ukuran tubuhnya mengecil. Sehingga dalam game tersebut ada tiga karakter yaitu ikan pemangsa yang dikendalikan pemain, ikan mangsa yang menambah poin dan ikan hiu mengurangi poin. Berikut adalah kode blok dan penjelasan alur program


Ikan Mangsa dan Ikan Hiu


Kode program dibaca secara urut dari atas ke bawah. Blok kode untuk karakter ikan mangsa dan ikan hiu pada dasarnya adalah sama, membuat karakter dapat bergerak secara acak.

Kode diawali dengan blok bendera hijau yang menandakan bahwa program di bawah blok tersebut baru akan dibaca jika bendera hijau di klik. Selanjutnya diikuti blok "selamanya", artinya kode blok akan dibaca secara terus menerus (loop) sampai program dihentikan.

Di dalam blok "selamanya"  terdapat blok atur gaya rotasi. Blok ini akan membuat karakter ikan dapat menghadap kiri atau kanan selama dia bergerak. Kemudian dilanjutkan blok meluncur, artinya karakter ikan (mangsa dan hiu) akan bergerak secara meluncur dalam waktu setengah detik dengan arah pergerakan yang acak. Terakhir adalah blok pantulkan, blok ini berfungsi untuk membuat karakter memantul jika mencapai tepi layar.


Ikan Pemangsa


Kode blok untuk ikan pemangsa berbeda dengan karakter lain, karena karakter ini adalah yang dapat kita kendalikan. Diawali dengan blok bendera hijau untuk memulai permainan ketika tombol bendera hijau ditekan. Dilanjutkan dengan blok atur ukuran yang berfungsi untuk membuat ukuran ikan pemangsa sebesar 50% dari ukuran aslinya setiap kali permainan dimulai.

Blok dibawahnya adalah blok selamanya, yang berfungsi untuk menjalankan blok didalamnya secara terus menerus. Di dalam blok selamanya, diawali dengan blok mengarah ke pointer mouse. Blok ini berfungsi agar ikan pemangsa selalu menghadap ke arah pointer mouse, kemanapun pointer mouse diarahkan. Selanjutnya ada blok pergi ke pointer mouse, artinya ikan pemangsa akan bergerak menuju kemanapun pointer mouse digerakkan.

Selanjutnya ada dua blok logika "jika". Blok jika yang pertama memiliki kondisi jika ikan pemangsa menyentuh ikan mangsa, maka yang dilakukan adalah menambah ukuran ikan pemangsa sebanyak dua poin dan mengeluarkan teks "horeeee" selama setengah detik.

Blok jika yang kedua memiliki kondisi jika ikan pemangsa menyentuh musuh (ikan hiu), maka yang dilakukan adalah mengurangi ukuran ikan pemangsa sebanyak dua poin dan mengeluarkan teks "aduh..." selama setengah detik.


Di akhir tulisan ini saya akan menyertakan tautan untuk memainkan game dan tautan video youtube yang berisi proses pembuatan program atau game. 


video proses pembuatan game

Tautan game

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisi-Kisi ASAT IPA Kelas VII dan VIII Tahun Ajaran 2024/2025

Satu bulan lagi, semua siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 4 Satu Atap Kragan akan menempuh Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAT) Tahun Ajaran ...