Senin, 30 Desember 2013

Bilangan kuantum dan orbital elektron

Elektron merupakan salah satu penyusun atom yang fundamental. Elekton terdapat pada kulit atom yang bergerak mengitari inti atom. Kulit atom terdiri dari beberapa lapisan yang menyatakan tingkatan energi pada kulit atom tersebut. Untuk mendiskripsikan keadaan elektron pada tiap kulit maka digunakan bantuan dari bilangan kuantum yang terdiri dari bilangan kuantum utama (n), bilangan kuantum azimut (l), bilangan kuantum magnetik (m) dan spin elektron (s).

  1. Bilangan kuantum utama (n) menyatakan kulit ditemukannya elektron yang dinyatakan dengan bilangan bulat positif 1,2,3 dst. Kulit yang terdekat dengan inti atom dilambangkan dengan K dengan n=1, selanjutnya kulit L,M,N dengan n masing-masing 2,3,4.
  2. Bilangan kuantum azimut (l) menyatakan  sub kulit pada tiap kulit atom dan bentuk orbital elektron. Sub kulit atom dilambangkan dengan huruf s,p,d,f  dengan nilai bilangan kuantum azimutnya 0,1,2,3.
  3. Bilangan kuantum magnetik (m) menyatakan orbital ditemukannya elektron pada sub kulit tertentu. Nilainya mulai dari +l sampai -l.
  4. spin elektron (s) menyatakan arah putar (rotasi) elektron bernilai +1/2 (searah jarum jam) dan -1/2 (berlawanan jarum jam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...