Selasa, 27 Agustus 2013

apa itu sebenarnya listrik statis ?

seperti kita ketahui, partikel terkecil suatu benda adalah atom. Atom secara umum bersifat netral (kecuali yang radioaktif) dan terdiri dari 3 jenis muatan, yaitu proton, elektron dan neutron. Proton dan neutron terletak di inti atom dan diam, sedangkan elektron berputar (ber-revolusi) mengelilingi inti atom.

Dalam pelajaran SMP atau SMA sering kita mendengar istilah listrik statis dan dinamis, keduanya sama-sama listrik yang membedakan adalah "kekontinyuan" aliran arusnya (aliran elektron). Dalam hal listrik statis, seperti yang kita ketahui elektron dari suatu atom dapat berpindah dari suatu atom ke atom lainnya. Jika suatu atom kehilangan elektron, maka dikatakan ia bermuatan positif, sedangkan jika suatu atom mendapat tambahan elektron ia dikatakan bermuatan negatif.

Karena atom pada umumnya bersifat netral, maka jika suatu atom kelebihan atau kekurangan elektron maka ia akan berusaha untuk "menetralkan diri" dengan jalan melepas elektron bagi atom bermuatan negatif dan menerima elektron bagi atom bermuatan positif. Nah aliran perpindahan elektron dari suatu atom ke atom lainnya inilah yang menyebabkan timbulnya listrik (karena ada aliran elektron), tetapi karena aliran elektron ini hanya bersifat temporer atau sementara (karena aliran elektron ini akan berhenti begitu atom mecapai keadaan netral) maka aliran elektron seperti ini dinamakan listrik statis.

Contoh listrik statis yang biasa kita jumpai adalah petir. Petir terjadi karena  ada awan (yang berisi kumpulan elektron) yang bermuatan. Nah perpindahan elektron dalam jumlah besar dari suatu awan ke awan lainnya, atau dari awan ke tanah yang sering kita lihat sebagai "Cahaya Petir".

Ok terima kasih sudah di baca. saya tunggu kritik membangunnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...