Selasa, 25 Maret 2014

Energi dan perubahan kecepatan

Kali ini saya akan mencoba membahas tentang perubahan energi pasa suatu peristiwa gerak yang mengalami percepatan atau perlambatan. Materi ini saya ambil karena ingat suatu peristiwa, debat antara 2 orang guru IPA SMP mengenai sebuah soal yang bersumber dari soal ini


Dari soal diatas dapat kita ambil pemahaman pada peristiwa percepatan dan perlambatan yang diperhatikan adalah perubahan kecepatan antara kecepatan awal dan akhir atau dengan kata lai E = E2 - E1.

hal ini sama dengan peristiwa gerak jatuh bebas. gerak jatuh bebas merupakan peristiwa gerak dipercepat. Untuk menghitung perubahan energi antara suatu ketinggian satu dengan ketinggian lain, perubahan energi merupakan gabungan perubahan energi potensial dan perubahan energi kinetik.

dengan persamaan EM = EK + EP, dimana EP = m.g.(h2-h1) sedangkan EK = 1/2. m.(v2-v1)^2. jadi dapat dilihat pada perubahan energi potensial yang berubah adalah ketinggian, sedangkan pada energi kinetik yang berubah adalah kecepatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...