Sabtu, 19 Desember 2020

CAMPBELL-REECE : Oksidasi Molekul Bahan Organik Selama Respirasi Selular

Oksidasi metana adalah reaksi pembakaran yang terjadi di tungku gas, pembakaran bensin dalam mesin mobil juga merupakan reaksi redoks dan energi yang dihasilkan digunakan untuk mendorong piston. Namun reaksi redoks penghasil energi yang paling menarik bagi ahli biologi adalah respirasi, yaitu oksidasi glukosa dan molekul lain dalam makanan.

Seperti pembakaran bensin, pada reaksi respirasi glukosa dioksidasi dan oksigen direduksi. Elektron kehilangan energi potensial dalam reaksi tersebut dan energi dilepaskan.

Secara umum molekul organik yang memiliki oksigen melimpah merupakan sumber bahan bakar yang potensial, hal ini dikarenakan ikatan-ikatannya merupakan sumber energi "puncak bukit" yang energinya dapat dilepaskan ketika elektron tersebut "jatuh" menuruni gradien energi ketika ditransfer ke oksigen. Persamaan untuk respirasi memperlihatkan bahwa hidrogen ditransfer dari glukosa ke oksigen.

Hal penting yang tidak tampak dalam reaksi respirasi tersebut adalah kondisi energi elektron berubah ketika hidrogen (beserta elektronnya) ditransfer ke oksigen. Dalam respirasi, oksidasi glukosa mentransfer elektron ke kondisi energi yang lebih rendah, membebaskan energi yang tersedia untuk sintesis ATP.

karbohidrat dan lemak merupakan reservoir energi yang berasosiasi dengan hidrogen. Hanya penghalang energi yang menghalangi banjir elektron menuju ke kondisi energi yang lebih rendah. Tanpa penghalang ini zat makanan seperti glukosa akan segera berkombinasi dengan oksigen.

Ketika kita menyuplai energi aktivasi untuk menyulut glukosa, molekul tersebut terbakar di udara dan melepaskan energi sebesar 686 kkal (2.870 kj) panas per mol glukosa (sekitar 180 gram). Suhu tubuh manusia tidak cukup tinggi untuk menyulut pembakaran glukosa.

Sebagai gantinya jika kita mengkonsumsi glukosa maka enzim dalam sel akan menurunkan penghalang energi aktivasinya, sehingga gula dapat teroksidasi dalam serangkaian langkah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...