Kamis, 20 Oktober 2022

SEDIKIT TULISAN TENTANG HOBI PEMROGRAMAN

Dalam postingan ini saya ingin menuliskan apa yang saya rasakan mengenai hobi saya yaitu pemrograman. Saya pertama mengenal dunia pemrograman mungkin sejak saya sekolah tingkat SMP atau SMA, pertama saya mengenal bahasa pemrograman adalah Turbo Pascal. 

Saya mendapat kompeter pertama dari Almarhum ayah saya, beliau merupakan orang yang berjasa sangat besar bagi saya, begitu juga dengan ibu saya. Komputer pertama saya adalah IBM pentium 2 dengan besar ram 32 MB, kalau tidak salah. Melalui komputer pertama saya tersebut, saya mulai bereksplorasi dalam dunia komputer. Pada komputer tersebut saya mengggunakan sistem operasi Windows 98. Referensi buku pertama saya adalah buku windows 2000 karangan Mico Pardosi.

 

Untuk memahami bahasa pemrograman turbo pascal, saya membeli buku tentang turbo pascal. Buku tersebut sangat membantu, walaupun kalau saya mengingat kembali sebenarnya saya belum bisa disebut programer. Pada bahasa pemrograman turbo pascal ini saya hanya ditingkat dasar, begitu menginjak level advance saya  kurang bisa memahami. 

Setelah itu saya mencoba bahasa pemrograman lain, yaitu visual basic. Saya cukup suka dengan bahasa pemrograman ini karena berbasis visual. Saya bisa merancang program berdasarkan layoutnya, seperti menata tombolnya, entri, dan yang lainnya.

Salah satu kelemahan saya adalah saya kurang fokus, karena saya juga menyadari bahwa saya bukan programer, saya adalah seorang guru. Bagi saya pemrograman adalah hobi yang saya harapkan dapat menambah nilai saya secara pribadi dan di pekerjaan.

Setelah kedua bahasa pemrograman tersebut, saya mempelajari berbagai bahasa pemrograman seperti C++, php, mysql, dan sedikit html. Sekarang saya sedang mempelajari bahasa pemrograman python. Python saya pilih karena bahasa ini cocok untuk data science dan sepertinya akan menjadi nilai tambah bagi profesi saya sebagai guru IPA.

Sekarang ini saya ingin memperdalam module numpy, matplotlib dan yang berhubungan dengan python untuk data science. Mungkin tidak mudah dan saya pun tidak memasang target apa-apa. Saya akan menjalani secara pelan-pelan, dan semoga bisa berkembang diri saya.

Mungkin sekian saya tulisan ngalor-ngidul ini tentang apa yang saya rasakan tentang dunia pemrograman yang telah saya jalani. Semoga bermanfaat, dan semoga saya lebih intens membaca dan menulis lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...