Rabu, 15 November 2023

Aksi Nyata 2 : "Mengapa Kurikulum Perlu Berubah"


Mengapa kurikulum perlu berubah? itulah sebuah pertanyaan yang kemudian saya jadikan judul dalam tulisan ini. Sebenarnya tulisan ini merupakan tugas aksi nyata dari platform merdeka mengajar, namun tidak ada salahnya jika dalam tulisan ini saya mencoba untuk berbagi pandangan saya mengenai mengapa kurikulum harus berubah.

Dalam perkembangannya, kurikulum di Indonesia telah mengalami perkembangan yang begitu beragam. Tidak terhitung sudah begitu banyak kurikulum yang di implementasikan dalam dunia pendidikan. Jadi manakah kurikulum yang terbaik?

Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan peserta didik. Dengan kenyataan seperti itu, maka adalah suatu kewajaran jika dalam rentang tertentu kurikulum harus mengalami revisi dan pembaharuan. Karena kondisi akan terus berubah seiring berjalannya waktu.

Dalam tulisan ini saya akan berfokus kepada kenapa sekarang kurikulum harus berubah menjadi kurikulum merdeka dan apa yang mendasarinya. 

Mengapa kurikulum merdeka diperlukan? Merujuk pada laman resmi Kemendikbud bahwa melalui berbagai studi nasional maupun internasional, telah lama Indonesia mengalami krisis pembelajaran (learning loss). Dalam studi tersebut terlihat bahwa anak Indonesia tidak mampu untuk memahami bacaan sederhana dan konsep matematika dasar. Selain itu, kita tidak dapat memungkiri adanya ketimpangan yang sangat lebar dalam dunia pendidikan di Indonesia terutama antarwilayah dan kelompok sosial.

Pandemi Covid-19 turut memperparah kondisi pendidikan di Indonesia. Dalam masa tersebut learning loss yang terjadi semakin parah ketika kita tergagap untuk memindahkan ruang belajar dari dunia nyata ke dunia digital.

Kurikulum merdeka lahir untuk memberikan keleluasaan bagi pandidik untuk menyajikan pembelajaran yang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

Kurikulum merdeka memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dengan kurikulum sebelumnya, antara lain:

  1. Pengembangan soft skill dan karakter yang difokuskan dalam suatu program yang dinamakan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
  2. Berfokus pada materi yang esensial, relevan, dan mendalam sehingga mampu membangun kreativitas dan inovasi peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar.
  3. Keleluasaan bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tahapan capaian dan perkembangan peserta didik.

Kurikulum merdeka lahir untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dan merupakan upaya untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang sedang berlangsung dengan cepat.

Terima kasih telah meluangkan tulisan saya dalam blog ini. Saya berharap anda mengisi refleksi/umpan balik melalui tautan dibawah ini. Terima kasih.

refleksi/umpan balik: https://forms.gle/pLzK9WyrUnH87ja96

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...