Rabu, 15 Januari 2014

Hukum I Newton : makna di balik rumus

Hukum I Newton mengandung pengertian bahwa sebuah benda yang mempunyai resultan gaya sama dengan nol maka benda tersebut akan teteap diam atau tetap bergerak dengan kecepatan tetap. Resultan gaya sama dengan nol berarti jumlah semua gaya yang mengenai benda tersebut saling meniadakan.
Nah sekarang sebuah benda jika mempunyai resultan gaya sama dengan nol maka benda tersebut akan cenderung mempertahankan posisinya semula. Jika benda tersebut diam maka dia akan tetap diam atau jika benda tersebut bergerak maka dia akan tetap bergerak tapi dengan kecepatan tetap. Sifat benda yang mempertahankan posisinya dinamakan Kelembaman

Contoh dari peristiwa kelembaman adalah saat kita sedang naik kendaraan kemudian kendaraan tersebut di rem mendadak maka yang akan terjadi adalah kita akan terdorong ke depan, mengapa? padahal tidak ada gaya yang mendorong kita. 

Hal ini dapat dijelaskan saat kita berada dalam mobil maka kita dalam posisi duduk diam, artinya resultan gaya yang mengenai kita adalah sama dengan nol. Tetapi dalam saat yang sama kita juga sedang bergerak maju searah dengan laju kendaraan (menurut acuan lain). Nah saat di rem mendadak maka tubuh kita akan berusaha mempertahankan posisinya untuk terus bergerak ke depan, makanya hal itu dapat terjadi. 

Nah jika pembaca mempunyai pendapat lain silahkan, ditunggu komentar membangunnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...