Minggu, 03 November 2019

Memulai menulis lagi (setelah sekian lama)

Menulis lagi setelah sekian lama tidak menulis di blog ini,merupakan sesuatu yang spesial. Blog ini dulu saya buat dengan tujuan untuk mencari finansial, tetapi dengan seiring berjalannya waktu saya merubah tujuan saya terhadap  blog ini. Blog ini sekarang insyaALLAH akan hidup lagi dengan tujuan untuk berbagi tentang pendidikan (terutama pendidikan IPA), keinginan untuk menulis, dan mengistiqomahkan menulis. Dengan adanya pembaca maupun tidak adanya pembaca.

Hal pertama yang akan saya tulis disini setelah sekitar 5 tahun tidak menulis di blog ini adalah tentang kebutuhan literasi, terutama untuk diri saya sendiri. Kebutuhan literasi sangat saya butuhkan, karena saya bekerja sebagai seorang pendidik. Kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca dan menulis merupakan kemampuan dasar yang seharusnya dimiliki oleh seorang guru. Hal itu saya sadari dalam beberapa tahun kebelakang ini, setelah sekian lama saya menjadi guru.

Saya berpendapat bagi seorang guru kemampuan membaca dan menulis tidak bisa dilaksanakan secara terpisah. Saya harus melatih diri saya untuk membisakan membaca dan menuliskannya dalam suatu bentuk tulisan, baik dalam blog ini atau media lain. Hal ini dikarenakan seiring dengan bertambahnya usia kemampuan menyimpan di otak hanya dengan sekdar membaca semakin lama akan semakin berkurang, selain itu membisakan menuliskan apa yang kita baca akan meningkatkan kualitas akademik kita.

Dalam dua bulan ini saya akan berlatih untuk mengistiqomahkan membaca dan menuliskannya lagi setiap hari. Apapun itu yang saya baca. Saya akan berusaha menantang diri saya sendiri untuk menghasilkan suatu karya tulisan dalam rentang waktu ini. Sebelum menulis kembali di blog ini saya telah berusaha menulis artikel ilmiah. Yang pertama saya ikutkan di seminar nasional kesharlindungdikdas dan mendapat undangan menjadi presenter, yang kedua saya ikutkan di simposium guru IPA yang diadakan oleh PPPPTK IPA. Untuk artikel yang kedua ini sampai saya menulis ini belum ada pengumuman.

Saya teringat tiga tahun lalu saat saya mengikuti program PLPG di tahun 2016, saya sempat berdiskusi dengan sorang pemateri dari Universitas PGRI Semarang.beliau seorang doktor atau profesor di lingkungan jurusan fisika. Pada waktu itu kami sempat berdiskusi mengenai listrik statis, apakah merupakan gejala induksi atau perpindahan elektron. Keresahan ini insyaALLAH akan saya coba tuangkan dengan membuat buku dan berharap beliau berkenan untuk memberikan tanggapan.

Motivasi lain kenapa saya ingin menulis lagi, saya ini menjadi orang yang lebih baik dan bertanggung jawab terhadap keluarga saya. Saya ingin istri dan anak saya bisa bangga dengan saya dan kami dijadikan ALLAH menjadi keluarga sakinah, mawaddah, dan dirahmati ALLAH swt. Demikian tulisan pertama saya di blog ini dan sesegera mungkin saya akan mulai berkarya.

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...