Senin, 05 Oktober 2020

CAMPBELL-REECE : Siklus ATP | Regenerasi ATP

Dalam melakukan kerja, organisme mendapatkan tenaga atau energi dari ATP. ATP merupakan sumber daya yang terbarukan, yang dapat dibentuk kembali (diregenerasi) melalui penambahan fosfat ke ADP. Energi bebas yang digunakan untuk memfosforilisasi ADP berasal dari reaksi-reaksi eksergonik (katabolisme) dalam sel. 

Siklus ATP menggandengkan reaksi eksergonik dan reaksi endergonik, dan siklus ATP bergerak dengan kecepatan yang menakjubkan. Misalnya sel otot yang sedang bekerja akan memutar keseluruhan siklus ATP-nya dalam waktu kurang dari semenit. Hal itu menunjukkan bahwa 10 juta Molekul ATP dikonsumsi dan diregenerasi per detik dalam setiap sel. Jika ATP tidak dapat diregenerasi maka manusia akan menghabiskan ATP hampir sebanyak berat tubuhnya setiap hari.

AD→ ATH2O

Penggunaan dan pembentukan ATP merupakan rekasi yang bolak balik, namun rekasi pembentukan ATP bukanlah reaksi yang bersifat menuruni  bukit, sehingga reaksi pembentukan ATP bersifat endergonik atau memerlukan energi dari luar. 


Karena pembentukan ATP dari ADP dan P bersifat tidak spontan maka energi bebas harus digunakan agar proses ini dapat berlangsung. Jalur katabolik terutama respirasi sel menyediakan energi untuk reaksi enedergonik dalam pembentukan ATP. Tumbuhan menggunakan energi cahaya untuk menghasilkan ATP.

Dengan demikian siklus ATP merupakan sebuah pintu putar yang dilalui energi ketika ditransfer dari jalur katabolik ke jalur anabolik. Dan faktanya sebagian besar energi potensial kimiawi yang tersimpan dalam ATP menggerakkan sebagian besar kerja selular.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...