Rabu, 30 September 2020

CAMPBELL-REECE : Cara ATP Melakukan Kerja

Dalam kondisi laboratorium, eksperimen hidrolisis ATP hanya dapat menghasilkan panas untuk menghangatkan air dalam tabung reaksi. Namun pada organisme pembangkitan panas ini terkadang menguntungkan, misalnya saat tubuh menggigil. Dalam kondisi ini hidrolisis ATP selama otot berkontraksi digunakan untuk membangkitkan panas dan menghangatkan tubuh.

Namun dalam kondisi sel pembangkitan panas saja dapat menjadi suatu penggunaan sumber daya yang berharga namun tidak efisien. Sebagai gantinya protein-protein sel menangkap energi yang dilepaskan ATP dalam beberapa cara untuk melakukan tiga tipe kerja sel, yaitu kimiawi, transpor, dan mekanis.

Misalnya dengan menggunakan protein spesifik, sel dapat menangkap energi yang dilepaskan ATP untuk menggerakkan reaksi endergonik yang lain. Jika ΔG yang digunakan reaksi endergonik lebih kecil daripada yang dilepaskan ATP, maka kedua reaksi tersebut dapat digandengakan (energy coupling), sehingga secara keseluruhan reaksi bersifat eksergonik.

Kunci penggandengan reaksi eksergonik dan endergonik adalah pembentukan intermediet terfosforilasi (transfer gugus fosfat dari ATP ke molekul lain, reaktan misalnya) yang lebih reaktif daripada molekul awal sebelum terfosforilasi.



Kerja transpor dan kerja mekanis dalam sel hampir selalu memperoleh energi dari hridrolisis ATP. Hal ini menyebabkan perubahan bentuk protein dan kemampuan protein dalam berikatan dengan molekul lain.

Pada sebagian besar kerja mekanis yang melibatkan protein motorik yang “berjalan” sepanjang sistoskleton terjadi suatu siklus yang diawali oleh pengikatan ATP secara non kovalen ke protein motorik. Setelah itu ATP dihidrolisis melepaskan ADP dan P, kemudian suatu molekul ATP lain dapat berikatan dengan sistoskleton menghasilkan pergerakan protein di sepanjang sistoskleton.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...