Senin, 14 Juni 2021

Akhirnya, Naskah Buku Pertama Telah Selesai

Alhamdulillahirrobbilalamin, segala puji bagi Allah swt Tuhan semesta alam atas anugerah nikmat-Nya, buku pertama yang saya tulis akhirnya terselesaikan, dan telah saya kirimkan ke penerbit. Buku yang penulisan naskah materinya memakan waktu sekitar satu tahun ini merupakan buku yang sengaja saya tulis dikarenakan buku yang seperti itu tidak saya temukan dipasaran, sehingga karena saya memerlukan buku tersebut, maka saya harus menuliskannya sendiri. Selain itu, penulisan buku ini merupakan tantangan untuk diri saya sendiri bahwa saya memiliki kemampuan dalam hal penulisan.

Mengapa saya harus menulis buku ini? Hal ini dikarenakan saya harus mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN) IPA, kegiatan ini dulu dinamakan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Dalam melakukan pembimbingan selama ini, saya merasa kurang fokus dan sistematis. Hal ini dikarenakan tidak ada sumber bacaan utama yang dapat saya pergunakan sebagai acuan dalam melakukan pembinaan KSN.

Buku ini saya tulis dengan mengacu kepada silabus KSN IPA SMP, terutama silabus tahun 2020. Silabus KSN selama ini termasuk tidak banyak berubah, materi yang dipertandingkan secara umum tetap, namun nanti perubahan-perubahan akan terasa pada soal yang dipertandingkan. Dalam buku yang saya tulis ini, setiap poin materi yang berada dalam silabus tersebut akan saya coba uraikan dan sajikan dalam versi tulisan yang bisa dipahami oleh peserta didik tingkat SMP.

Pada akhirnya semoga buku ini dapat bermanfaat, minimal dapat menjadikan pembinaan KSN kepada peserta didik kami menjadi lebih mudah, efektif, dan efisien. Selain itu buku ini merupakan jawaban diri saya atas tantangan yang saya berikan kepada diri saya bahwa setelah lebih dari sepuluh tahun mengabdikan diri mengajar di sekolah pinggiran, semangat saya untuk terus maju dan berkembang tidak pernah luntur.

Harapan saya, kelak anak saya atha dapat menjadi orang yang soleh dan dilindungi Allah swt serta diberi kemudahan dalam hidup, ilmu, dan kebahagiaan. Sebagai orang tua kita harus bisa memberikan contoh kepada anak kita, dengan membuktikan diri kita semaksimal mungkin. Kelak anak kita akan lebih hebat dari kita, orang tuanya. Semoga Allah swt selalu melindungi kita dunia dan akhirat.

Semangat literasi dan semoga buku ini dapat segera tercetak dan bermanfaat untuk semua. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...