Senin, 22 November 2021

Cara Install Inkscape di Ubuntu Mate 18.04

Laptop lama saya Toshiba Satellite l310 sekarang sudah menggunakan sistem operasi linux, lebih tepatnya distro Ubuntu mate 18.04 32 bit. Meskipun ubuntu menjadi sistem operasi utama yang saya gunakan, tapi windows 7 masih ada. Saya menggunakan sistem dual boot, hal ini untuk mensikapi jika dalam pekerjaan saya masih membutuhkan windows terutama dalam membuka file berbasis microsoft office.

Dalam menggunakan sistem operasi ubuntu terkadang saya masih membutuhkan aplikasi yang ada di windows, salah satunya aplikasi untuk editing vektor seperti corel draw. Agar tetap bisa bekerja di ubuntu saya harus mencari aplikasi yang memiliki fungsi seperti corel draw, salah satunya adalah inkscape.

Inkscape adalah aplikasi untuk editing vektor yang open source dan gratis. untuk menginstallnya dibutuhkan langkah yang cukup berbeda dibandingkan menginstall di lingkungan windows. Saya ingin menginstall inkscape lewat terminal.

Memang menginstall aplikasi di linux banyak caranya, bisa menggunakan software center atau menginstall dari souce code. Untuk mengisntall inkscape ini saya mencoba menginstall menggunakan perintah apt  di terminal. Langkahnya cukup mudah, yaitu :

1. Agar lebih mudah kita harus mengaktifkan super user
 
sudo su

2. Menambahkan repositori inkscape ke file souce list
 
add-apt-repository ppa:inkscape.dev/stable

3. Mengupdate repositori ubuntu dengan perintah berikut.
 
apt update
 
4. Menginstall inkscape
 
apt install inkscape 
 
Demikikan tulisan singkat tentang menginstall inkscape di ubuntu, semoga bermanfaat. Dan sudah waktunya kita mulai berlatih menggunakan aplikasi yang legal, daripada menggunakan aplikasi bajakan. Saya juga masih berlatih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...