Jumat, 07 Januari 2022

Series Tulisan CAMBELL-REECE 2022 : Fotosintesis

 

Memasuki tahun 2022 perlu adanya semangat baru dalam menulis, hal ini dikarenakan jumlah tulisan saya di tahun 2021 tidak lebih banyak daripada tulisan saya di tahun 2020. Ditahun 2020 saya cukup produktif sampai menghasilkan 50 postingan blog, sedangkan di tahun 2021 saya hanya mampu membuat setengahnya.

Setelah saya analisis penyebabnya adalah pada diri saya sendiri. Seperti yang pernah diungkapkan Jaya Setiabudi, bahwa musuh terbesar dari sebuah kesuksesan ada dua, yaitu "Tapi" dan "Nanti". secara umum musuh terbesar saya dalam menulis adalah kemalasan dan inkonsistensi.

Yang akan saya lakukan sekarang adalah menantang diri saya untuk lebih produktif lagi dalam menulis, sebagai langkah awal saya akan berusaha membuat tulisan di blog ini sebanyak tiga postingan per minggu selama dua bulan pertama di tahun 2022. Di bulan selanjutnya frekuensinya akan saya naikkan menjadi empat postingan per minggu. Semoga hal ini dapat saya laksanakan dengan baik dan konsisten.

Di tahun 2022 ini saya akan mencoba membahan bab baru dari buku biologi Cambell-Reece yaitu tentang Fotosintesis. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa proses Fotosintesis terjadi pada organisme yang memiliki kloroplas, sebagian bersar organisme ini adalah tumbuhan. Secara sederhana fotosintesis dapat dikatakan sebagai sebuah proses mengubah karbondioksida dan air sehingga menghasilkan produk yang bernama glukosa. Glukosa inilah yang digunakan sebagai bahan bakar dalam proses respirasi seluler untuk menghasilkan energi berupa ATP.

Dalam memperoleh makanan organisme terbagi menjadi dua jenis yaitu Autotrof dan Heterotrof. Organisme autotrof adalah organisme yang mampu membuat makanan atau sumber energi sendiri, organisme tersebut adalah yang mampu melakukan fotosintesis. Sedangkan organisme heterotrof adalah organisme yang memperoleh makanan atau sumber energi dari organisme lain.

Tumbuhan merupakan salah satu contoh organisme autotrof. Dalam tingkatan trofik, tumbuhan bertidak sebagai produsen di tingkatan trofik pertama. Sedangkan organisme heterotrof dapat berupa organisme herbivora (pemakan tumbuhan) dan organisme karnivora (pemakan hewan atau daging). Dalam tingkatan trofik organisme heterotrof bertindak sebagai konsumen dan menempati tingkatan trofik ke dua dan seterusnya.

Mungkin ini adalah pengantar sederhana tentang fotosintesis yang akan saya tulis selanjutnya dengan mengacu pada buku biologi Cambell-Reece. Pembahasan lebih mendalam akan saya tuliskan pada postingan berikutnya. InsyaAllah dan semoga konsisten.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...