Minggu, 11 Desember 2022

Sekilas Rencana Semester 2 Kelas VII Kurikulum Merdeka

 


Semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 sudah mendekati akhir, setelah kegiatan penilaian akhir semester maka agenda terdekat adalah pembagian buku rapor bagi peserta didik. Sebelum kita terlena dengan libur akhir semester yang cukup panjang, terlintas di benak saya untuk menuliskan di postingan ini beberapa hal yang harus dilakukan di semester genap nanti.

Klas VII menggunakan kurikulum merdeka, sebuah kurikulum baru yang dicanangkan pemerintah. Berbeda dengan kelas VIII dan IX yang masih menggunakan kurikulum 2013, persiapan untuk kelas VII terutama dari segi administrasi guru menjadi lebih beragam. Walaupun banyak yang mengatakan kurikulum merdeka memiliki definisi kemerdekaan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran, namum yang saya rasakan adalah semakin kompleks dan beragam.

Dari segi administrasi, sebagai seorang guru kita harus menyiapkan modul ajar untuk setiap bab. Modul ajar memiliki nama lain RPP plus, dari namanya saja saya sudah bisa membayangkan bahwa modul ajar adalah sebuah RPP yang ditambah dengan berbagai hal sehingga berbentuk modul.

Di semester genap nanti jumlah bab yang harus diajarkan pada kelas VII ada empat, yaitu gerak dan gaya, klasifikasi makhluk hidup, ekologi dan keanekaragaman hayati, serta bumi dan tata surya. Artinya sebagai seorang guru IPA saya harus menyiapkan empat buah modul ajar.

Modul ajar yang sudah saya buat selama ini menurut versi yang saya pahami berisi konten yang lebih dari sekedar RPP. Dalam modul ajar yang saya buat selama ini berisi informasi umum dan informasi lebih detail. Selain itu dalam lampirannya saya berikan RPP, format asesmen, dan berbagai hal yang menunjang. Dan itu semua saya buat tiap pertemuan. Maka tidak heran modul ajar yang saya buat untuk tiap bab bisa mencapai puluhan halaman.

Selain modul ajar, di semester genap nanti saya merencanakan untuk membuat sebuah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK merupakan hal yang saya cita-citakan dari dahulu hingga sekarang belum terlaksana, faktor utamanya adalah kemalasan saya dalam membuat PTK. Di semester genap nanti saya berencana membuat sebuah PTK hingga sampai diseminarkan. PTK ini nanti saya usahakan dilaksanakan di awal semester, supaya ketika pertemuan MGMP IPA dapat saya seminarkan.

Dua hal tersebut merupakan dua hal yang saya rencanakan di semester genap nanti, semoga saja terlaksana. Selain itu saya juga harus mengembangkan kemampuan menulis saya hingga menghasilkan karya, minimal konsisten menulis di blog ini. Blog ini adalah media sosial utama saya.

Dan blog ini kedepan mungkin saya tidak idealis menuliskan materi-materi IPA, karena saya sudah mulai stuck dengan bab di buku Chambell-Reece yang biasa saya tuliskan. Untuk saat ini saya sedang memasuki bab tentang pewarisan sifat, dan jujur saja saya tidak begitu tertarik dengan bab ini. Entah bab selanjutnya jika menarik akan saya tuliskan lagi.

Minimal minggu ini saya sudah mulai mencicil untuk membuat modul ajar untuk bab pertama di semester genap nanti, tentang gerak dan gaya. Bab ini sesual dengan latar belakang pendidikan saya, yaitu pendidikan fisika. Semoga dapat membuat modul ajar yang bagus dan dapat diaplikasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...