Senin, 29 Mei 2023

Stellarium : Solusi Untuk Visualisasi Tata Surya

 

Materi dalam pelajaran IPA sangat beragam, namum semua materi tersebut mempunya satu kesamaan yaitu akan lebih menyenangkan jika bisa dipraktekkan atau divisulisasikan. Salah satu materi yang menjadi tantangan untuk bisa divisualisasikan adalah tata surya. Materi ini mempelajari tentang berbagai hal yang berada di luar Bumi, terus bagaimana untuk mempraktekkannya?

Salah satu solusi untuk membantu belajar materi tata surya adalah menggunakan Stellarium. Stellarium merupakan sebuah Open Sources Software (OSS) atau aplikasi gratis yang berfungsi layaknya planetarium. Jika dahulu kita ingin melihat berbagai benda luar angkasa kita harus datang ke planetarium, maka sekarang planetarium dapat kita nikmati di gawai kita.

Laman Stellarium dapat diakses di https://stellarium.org/, dalam laman tersebut terdapat pilihan untuk mengunduh file installer software ini, software bisa dijalankan pada sistem operasi windows, linux, atau MacOS.


Namun jika anda tidak ingin menginstall aplikasi ini di komputer anda, anda dapat menggunakan versi online-nya. Stellarium online dapat di akses di https://stellarium-web.org/ . Tampilan awal dari Stellarium Online adalah seperti gambar di bawah ini.

Pada Stellarium online, untuk mencari suatu objek luar angkasa tinggal kita tuliskan pada kolom pencarian. Kolom pencarian ini berbasis bahasa inggris, sehingga benda yang ingin kita cari harus dituliskan dalam bahasa inggris. Dalam contoh kali ini saya akan mencoba mencari planet mars.


Setelah kita selesai menuliskan objek yang dicari pada kolom pencarian, maka kita akan mendapatkan hasilnya. Dalam hal ini kita akan mendapatkan gambar posisi dan data lainnya seperti pada gambar di bawah ini.


Jika kita men-scroll maju pada kursor, maka tampilan akan diperbesar. Jika hal tersebut dilakukan maka akan diperoleh gambar tampilan planet mars seperti pada gambar di bawah ini.


Sekian tulisan saya tentang Stellarium, sebuah software planetarium yang gratis dan tentunya dapat membantu peserta didik dalam belajar materi tata surya. Software ini sangat berguna untuk mengetahui posisi, gambar, dan data dari suatu objek tata surya yang ingin kita amati.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...