Sabtu, 27 Mei 2023

Beberapa hal yang menghalangi saya untuk menulis

Memang tulisan ini sama dengan judulnya, tidak ada judul. Ya karena saya sendiri masih bingun untuk menuliskan apa, namun harus ada tulisan yang harus saya tuliskan. Ketika saya melihat statistik tulisan saya beberapa tahun belakangan ini, saya sepertinya tidak produktif, masa paling produktif saya adalah pada tahun 2022, setelahnya jumlah tulisan saya semakin menurun.

Saya bingun di tahun ini harus membuat tulisan apa, beberapa kali saya mencoba untuk menulis buku atau sekedar tulisan, namun semuanya tidak berhasil. Ada sesuatu yang menghalangi diri saya untuk menulis, dan itu berasal dari dalam diri saya sendiri. Mungkin penghalang-penghalang ini saja yang akan saya tulisakan pada tulisan kali ini.

1. Ide

Hal pertama yang menjadi penghalang saya untuk menulis adalah ide, ide tulisan saya sangat lemah. Beberapa tulisan yang saya baca mengatakan bahwa untuk menulis dapat kita mulai dengan menuliskan sesuatu yang dekat dengan diri kita, namun sepertinya saya belum mampu untuk mengeksplorasi hal-hal disekitar saya yang dapat saya jadikan sebagai ide untuk penulisan.

Terkadang banyak terlintas berbagai ide di kepala saya untuk dijadikan bahan penulisan, namun kadang saya terlalu lama untuk mengolah ide tersebut, sehingga akhirnya ide itu hilang dengan sendirinya seiring waktu.

2. Rasa Malas

Salah satu ucapan Jaya Setyabudi yang masih terngiang dalam benak saya adalah "musuh utama kesuksesan ada dua, tapi dan nanti". Saya belum bisa mengalahkan musuh yang bernama "nanti" ini. Ketika saya mendapatkan ide untuk menulis dan saya merasa ide tersebut bagus, kebanyakan saya hanya menghayal dan tidak segera menuangkan ide tulisan tersebut.

Rasa malas ini juga termasuk dalam bagaimana saya mengatur waktu saya. Saya menyadari bahwa saya memiliki menejemen waktu yang tidak bagus, saya tidak bisa bangun pagi dan menepati apa yang telah saya rencanakan.

Jadi, terus bagaimana ...

Ya, yang harus saya lakukan mulai sekarang adalah melakukan perubahan-perubahan kecil dalam hidup saya. Mulai belajar menepati semua rencana dan jadwal. Mulai dengan mencoba untuk disiplin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...