Sabtu, 16 Mei 2020

Ramdhan, hari ke24

Sekarang jam 18.18 wib hampir sekitar satu jam dari waktu berbuka puasa di malam ke dua puluh empat Ramdhan. Tak terasa Ramadhan kali ini sudah memasuki sepuluh hari terakhir, seharusnya di saat inilah ibadah kita tingkatkan, terutama di waktu malamnya. Memasuki sepertiga terakhir bulan Ramadhan ini, satu hal yang tidak boleh terlupa adalah zakat fitrah. InsyaAllah nanti akan saya tunaikan di hari selasa atau hari ke dua puluh enam Ramdahan.

Pagi tadi saya sempat mengetik beberapa materi untuk buku saya, tepatnya materi tentang fluida dinamis. Ada beberapa bagian yang belum selesai saya tulis, yaitu dibagian persamaan untuk venturimeter dengan manometer dan tabung pitot. Buku ini saya tulis sebenarnya bukan untuk tujuan komersial, tujuan saya menulis buku ini adalah sebagai pembuktian kepada diri saya sendiri bahwa saya mampu untuk menulis, dan menekuni kegiatan tulis menulis. Selain itu buku ini sebagai referensi yang akan saya gunakan untuk membimbing siswa dalam mengikuti Olimpiade Sains Nasional tingkat SMP untuk mata pelajaran IPA.

Tulisan ini saya tulis, karena ada kerinduan saya untuk menulis di blog ini, walaupun dengan tema tulisan yang ngalor ngidul. Sepertinya komitmen untuk membiasakan menulis sudah ada dalam diri saya, jika satu hari saya tidak menulis di blog ini sepertinya ada sesuatu yang kurang. 

Ngomong-ngomong tentang tulisan di blog ini, kemarin saya sempat melihat statistik blog ini, ternyata tulisan saya terdahulu tentang materi-materi fisika, banyak yang membaca (sebenarnya ada yang membaca walaupun tidak banyak), tetapi bagi penulis amatiran seperti saya, jumlah pembaca dalam statistik yang saya lihat cukup banyak.

Ke depan saya akan mengembangkan blog ini dengan isian materi-materi IPA dengan fokus bagaimana menalar dan melogika berbagai konsep IPA, terutama fisika sehingga kita tidak terpaku dalam persamaan dan rumus-rumus. Fenomena dalam fisika mampu kita pahami dengan logika dan penalaran kita, rumus atau persamaan hanya berperan sebagai pelengkap saja. Kalau kita bisa memahami sebuah konsep fisika, maka akan mudah juga dalam memahami persamaan-persamaan di dalamnya.

Selain mengembangkan blog ini, saya mungkin juga akan mengembangkan chanel youtube saya, dengan isian konten pendidikan yang santun dan cenderung formal. Saya merasa harus menjaga marwah Guru dimanapun kita berkreasi. Profesi guru tidak boleh dianggap seperti pedangang yang sedang menjual "materi pelajaran" kepada siswa atau khalayak ramai.

Demikian dulu tulisan saya sore ini, sambil menunggu waktu sholat Tarawih. InsyaAllah nanti selepas Tarawih berjamaan di masjid, saya akan meneruskan materi dalam buku yang belum selesai. Sekian dulu tulisan ini. Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...