Jumat, 08 Mei 2020

Akhrinya menulis lagi

Alhamdulillah akhirnya malam ini bisa melawan kemalasan dan dapat melanjutkan buku pertama saya. Setelah hampir seminggu bahkan lebih disibukkan dengan persiapan pengajuan angka kredit, maka malah ini saya bisa menulis lagi, walaupun hanya sebuah sub bab daru buku yang sedang saya perjuangkan. Malam ini saya telah menulis sub bab pesawat sederhana, merupakan sub bab di bab ketiga dari tujuh belas bab yang harus saya kerjakan.

Seperti pepatah jawa, alon alon sing penting kelakon (pelan-pelan yang penting dikerjakan). Saya tahu saya tidak mungkin memaksa diri saya untuk bisa menulis dalam jumlah banyak dalam sekali kesempatan. Saya sadar saya masih seorang penulis pemula, atau malah hanya orang yang berusaha menjadi seorang penulis. Disaat semua orang memilih untuk menuangkan gagasan, pemikiran atau ide mereka dalam format video (youtube), saya merasa platform tulisan yang cocok untuk diri saya.

Menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk video tidak salah, bahkan menarik. Tetapi menurut saya format video hanya akan menarik untuk satu atau dua kali tonton, selanjutnya orang akan enggan untuk menonton lagi. Dan saya pribadi adalah orang yang to the point, saya malas jika harus mencari informasi dalam bentuk video, dimana prolog atau openingnya bertele-tela dan lama.

Format tulisan secara tampilan tidak akan semenarik video, dalam format tulisan kita tidak bisa langsung melihat penulisnya, tapi kita dapat menangkap ide si penulis secara utuh. Saya merasa nyaman dengan format tulisan, jujur saja saya lebih menyukai saat mencari informasi dan mendapatkannya dalam bentuk tulisan, seperti dalam blog, wiki dan lain sebagainya. Tetapi sekarang entahlah sepertinya dunia blog dan tulis menulis kalah dengan dunia video, broadcast dan streaming.

Saya mulai menyadari mengapa platform media sosial seperti facebook, instagram, youtube tidak membuat saya cukup tertatik untuk aktif di dalamnya, maksud saya update status dan postingan. Karena mungkin saya adalah orang yang simple dan to the point tadi, saya mungkin kurang suka  dengan gambar-gambar di status medsos, dan tulisan di medsos yang sepertinya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Mungkin ini dulu yang bisa saya tuliskan, untuk memenuhi keingingan saya untuk menulis malam ini, besok dilanjutkan lagi bukunya untuk sub bab gerak pada makhluk hidup, yaitu gerak pada tumbuhan dan hewan. Untuk gerak pada tumbuhan saya sudah ada gambaran, tapi kalau gerak pada hewan sepertinya saya harus mencari data dulu besok pagi dan menuliskannya di siang atau malam harinya. InsyaAllah dan Bismillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...