Kamis, 28 Mei 2020

Bab 6 sudah selesai

Alhamdulillah, pada malam ini tanggal 28 Mei 2020 buku yang sedang dalam proses ini telah menyelesaikan sampai bab 6, tentang getaran, gelombang dan bunyi. Penulisan bab ke enam ini tergolong cepat yaitu selama 3 hari. Hal ini dikarenakan terbantu karena modul yang pernah saya tulis dahulu yang berisi materi yang relevan. Sehingga sistem copy paste bisa dilakukan dengan cepat.

Siang hingga sore tadi hujan turun dan sekarang di malam hari suhu terasa menjadi dingin. Entah berapa derajat suhu malam ini, namun yang terasa cukup dingin. Tulisan ini saya tulis entah dengan ide apa, tidak ada yang sebenarnya yang ingin saya tulis, selain mengupdate kemajuan penulisan buku.

Yang menjadi hal yang saya pikirkan adalah bagaimana nasib OSN tingkat SMP tahun ini, apakah diselenggarakan atau tidak. Kalau melihat kondisi sekarang ini ditengah wabah pandemi corona sepertinya kecil kemungkinannya acara OSN akan diselenggarakan pemerintah. OGN tidak ada, mungkin tahun ini bukan menjadi prioritas, dan OSN juga belum jelas nasibnya. Semoga Allah memberikan yang terbaik.

Prestasi terbesar saya dalam OSN adalah di tahun 2017, secara mengejutkan siswa kami dapat melaju ke tingkat provinsi. Hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi saya pribadi dan bagi sekolah. Mengingat sekolah kami adalah sekolah kecil dan non unggulan, mungkin tahun itu bisa diibaratkan fenomena Leichester city memenangkan liga inggris di tahun 2016 (kalau ndak salah).

Tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau berusaha dan berdoa kepada Allah sang pengabul doa. Kita tidak boleh minder dengan kondisi kita, terutama dalam bidang materi. Semua manusia sama, semuanya makan nasi yang sama, maka kesempatan untuk maju dan berprestasi adalah sama. Tinggal kita mau atau tidak.

Saya memiliki mimpi untuk mengulangi prestasi itu, walaupun saya sadar akan cukup berat. Namun segala kemungkinan adalah mungkin selama kita berusaha dan Allah berkehendak. Semoga di kesempatan berikutnya siswa kami mampu melaju lebih jauh di OSN, dan saya sebagai guru dapat melaju lagi lebih jauh di OGN. Semoga dan Bismillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...