Selasa, 26 Mei 2020

Update buku, 26 Mei 2020

Malam ini Selasa 26 Mei 2020 proses penulisan buku sudah sampai pada bab 6 tentang getaran dan gelombang. Dengan memanfaatkan modul untuk kelas VIII yang pernah saya tulis dahulu, sebagian bab ini telah selesai pada siang tadi. Malam ini rencananya adalah melanjutkan dua sub bab terakhir yaitu tentang sistem sonar pada hewan dan navigasi pada migrasi hewan. Kedua sub bab ini sebenarnya secara esensi sudah saya pahami, namun perlu tambahan sumber referensi agar tulisan ini lebih baik, namun sayangnya koneksi internet malam ini tidak mendukung untuk itu.

Sistem sonar pada hewan secara umum menggunakan peristiwa pemantulan bunyi. Pada beberapa hewan seperti kelelawar dan  lumba-lumba, mereka mengeluarkan bunyi ultrasonik (bunyi dengan frekuensi tinggi), dan setelah bunyi tersebut mengenai apapun yang ada disekitarnya maka bunyi itu akan dipantulkan lagi. Kedua hewan itu akan menerima bunyi pantul tersebut, dan memprosesnya sehingga dapat mengetahui keadaan disekitarnya, baik kondisi tempat maupun mangsanya.

Sedangakan pada navigasi hewan saat bermigrasi, kebanyakan hewan memanfaatkan medan magnet bumi. Di dalam tubuh hewan terdapat sel-sel yang peka dengan medan magnetis bumi atau yang disebut dengan biomagnetis. Dengan memanfaatkan medan magnetis bumi tersebut hewan-hewan tersebut mampu membuat peta perjalanan mereka untuk bermigrasi, sehingga hewan-hewan tersebut tidak mengalami salah arah.

Sungguh itu semua adalah kebesaran Allah, dan merupakan sebagian dari ayat-ayat Nya yang tersirat. Sungguh betapa menakjubkan bagaimana Allah mampu mengatur hewan yang tidak memiliki akal, sehingga setiap tahun hewan-hewan tersebut dapat bermigrasi dengan jarak yang sangat jauh dan tidak pernah tersesat. Sungguh, Allahu akbar.

Malam ini mungkin saya belum bisa meneruskan menulis buku, tapi Insya Allah akan saya lanjutakan besok, semoga besok pagi koneksi internet lancar dan bersahabat. Ingin rasanya segera menyelesaikan buku ini, buku pertama saya, semoga buku ini diberkahi Allah. Aamiin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...