Minggu, 07 Juni 2020

Melawan Malas

Salah satu hal yang berat untuk dapat dilawan adalah kemalasan. Rasa malah merupakan sifat default  bawan manusia. Semua manusia ingin bermalas-malasan, tidak melakukan apapun. Hal ini merupakan hal yang berbahaya dan harus dilawan. Rasa malah akan menghilangkan produktivitas dan menimbulkan khayalan, dan pada akhirnya saat manusia tersadar, ia akan menyadari dirinya jauh tertinggal dan tidak mempunyai apa-apa.

Rasa malas kadang timbul karena kita terlalu sibuk bermimpi. Tidak ada yang salah dengan bermimpi, namun yang menjadi masalah adalah mimpi itu tetap menjadi mimpi dan tidak kita wujudkan. Kita masih sibuk dalam alam bawah sadar kita, memikirkan mimpi, memikirkan strategi meraih mimpi, namun kenyataannya tidak ada tindakan atau action  apapun yang kita lakukan. Kita terjebak dalam fatamorgana kesuksesan yang kita bayangkan, yang sebenarnya itu semua belum ada.

Rasa malah dihembuskan setan agar kita berfikir terlalu panjang, memikirkan berbagai resiko yang akan terjadi dan harus kita hadapi. Rasa malas membuat kita membayangkan berbagai kesuksesan yang akan kita dapatkan kelak. Namun sekali lagi itu semua tidak ada, kesuksesan besar itu tidak ada dan resiko apaun itu yang kita takuti juga tidak ada. Semuanya hanya di khayalan otak kita, dan dikehidupan nyata kita hanya terduduk termenung, sedangkan orang lain sudah berlari cepat dan mulai menggenggam kesuksesannya. Dan kita masih membayangkan sesuatu yang belum ada.

Cara melawan rasa malas itu adalah bergerak, memulai apa yang kita cita-citakan walaupun dengan sebuah pergerakan kecil, tapi nyata. Kemajuan yang nyata walaupun hanya sebesar 1 centimeter lebih baik daripada kesuksesan besar dalam khayalan.

Saya pribadi merasakan rasa malas begitu akut pada diri saya, saya sibut memikirkan mimpi dan belum melakukan apapun. Sekarang saya mencoba untuk bergerak, menulis walaupun satu paragraf untuk menyelesaikan buku saya se-segera mungkin, dan mengedit dua buah video untuk mulai membangun chanel youtube saya.

Bismillahirrahmanirrahim, yang mencoba untuk memasrahkan semua ke Allah, saya haya akan berdoa dan berikhtiar, masalah hasil adalah kekuasaan Allah. Setidaknya saya telah mencoba berusaha dan saya yakin usaha tidak akan menghianati hasil. Semua usaha yang kita lakukan sedikit demi sedikit pada akhirnya akan membuahkan hasil, suatu saat nanti. Tapi itu tergantung kita, jika kita berusaha lebih keras maka kesuksesan akan segera datang, InsyaAllah.

Apapun itu, Bismillah dan just do it !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...