Jumat, 26 Juni 2020

Tulisan di akhir juni 2020

Setelah berhenti menulis dalam beberapa minggu, Alhamdulillah pagi ini saya bisa menyempatkan diri untuk menulis di blog ini lagi. Sebenarnya keinginan menulis ini timbul lagi setelah menonton video bapak Dahlan Iskan di youtube, sepertinya beliau mempunyai sebuah blog dengan pembaca yang banyak. Jujur saja saya menyukai tulisan beliau, beliau mempunyai gaya penulisan yang khas yaitu santai, berbobot dan terasa ringan untuk dibaca.

Dalam tulisan ini saya ingin membahas sebuah hal yang menurut saya penting, walaupun saya sendiri belum bisa istiqomah dalam menjalankannya. Hal itu adalah "menulis", kenapa menulis itu penting?. Bagi saya seorang guru menulis seharusnya menjadi skill yang sudah saya miliki, tapi ternyata tidak. Saya masih mengalami kesulitan dalam menulis, baik itu tulisan santai atau tulisan ilmiah. Entah kenapa ide yang ada di otak ini tidak dapat tersalurkan dengan lancar dalam bentuk ketikan kata-kata yang tersususn rapi dan enak di baca.

Mungkin karena kurangnya literasi saya, atau saya kurang baca. Sehingga membuat saya kekurangan banyak kosakata, kekurangan sumber referensi untuk memperkaya ide-ide dalam otak saya. Maka yang harus saya lakukan adalah mulai membiasakan membaca, dan tentu saja tetap harus istiqomah dalam menulis. Dua hal ini harus berjalan beriringan, mengingat usia saya tidak lagi muda. Seharusnya membaca dan menulis menjadi kebisaan saya di waktu muda, dulu ....

Saya menyadari dengan pengaruh sosial media yang luar biasa ini, saya merasa sosial media baik secara langsung maupun tidak langsung membuat kemampuan literasi kita berkurang. Kita lebih menyukai suatu informasi disajikan dalam bentuk video daripada tulisan, yang mana kita harus bersusah payah membaca dan mencerna.

Sosial media juga ada yang dalam bentuk tulisan, seperti twitter dan facebook. Namun tetap saja tulisan yang disajikan terbatas panjang karakternya dan semuanya merupakan tulisan opini pribadi yang secara akademis tidak dapat dijadikan sumber referensi. Sebenarnya blog adalah media yang optimal untuk meningkatkan literasi kita, karena disana kita terlatih untuk membaca dan menulis, tapi sayang blog tidak banyak di lirik sekarang ini, menurut saya.

Target saya sekarang ini adalah, secepatnya menyelesaikan buku untuk OSN yang sedang saya tulis. Alhamdulillah tadi malah mungkin karena rindu menulis, saya dapat menyelesaikan satu bab penuh. Semoga hari ini bab berikutnya dapat selesai dalam waktu yang singkat, sehingga buku tersebut dapat segera diterbitkan. Walaupun kemungkinan tidak komersil, tapi ada kepuasan. Saya akhirnya akan memiliki buku yang saya tulis sendiri.

Bismillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...