Sabtu, 19 Februari 2022

Just Writing #3 : Impian Menjadi Penulis

Saya memulai membuat tulisan ini saat jam di laptop saya menunjukkan pukul 21.01 wib, saat kondisi terasa cukup hening dengan hawa yang tidak dingin seperti beberapa hari kemarin. Kenapa saya ingin menulis, sebenarnya sudah mulai muncul rasa "ketagihan" untuk menulis pada diri saya, dan sayangnya malam ini tidak ada topik spesifik yang bisa saya tulis di blog ini atau platform lain yang saya punyai.

Dengan pekerjaan saya sebagai seorang guru, saya merasa kemampuan menulis akan memberikan nilai lebih kepada diri saya. Jika saya seorang guru dan bisa menulis, maka itu akan menjadi suatu kombinasi yang bagus. Namun sayangnya tingkat konsistensi saya dalam menulis masih naik turun. Masih banyak kegalauan saya tentang tulis menulis yang hingga saat ini saya rasakan.

Hal pertama adalah ketidaktahuan saya untuk menjadi penulis apa. Apakah saya harus menjadi penulis tulisan non fiksi, atau fiksi, atau bahkan keduanya. Tentu saya ingin menguasai kedua jenis penulisan itu. Saya berhadap suatu hari saya bisa menulis sebuah buku ajar atau buku pelajaran, dimana penyajian buku tersebut seperti novel atau cerpen. Saya membayangkan akan menyenangkan saat kita membaca buku fisika, biologi, atau IPA, namun terasa seperti membaca suatu cerita.

Ketika saya ingin menulis non fiksi dalam hal ini berlatih membuat cerpen, saya menemui banyak rintangan. Beberapa hal yang menjadi hambatan bagi saya saat berlatih cerpen antara lain tidak memahami teknis penulisan cerpen, daya imajinasi saya yang rendah, dan tidak ada teman yang bisa saya jadikan tempat bertanya.

Namun setiap hambatan pasti ada jalan keluarnya, karena Allah selalu menyediakan jalan keluar atas semua permasalah. Allah menyampaikan bahwa dalam setiap kesulitan, bersamaan dengan itu ada kemudahan. Sekarang tinggal tekad saya dan waktu yang akan menjawab.

Ketidaktahuan saya akan dunia cerpen atau fiksi dapat saya pelajari, dan diperbaiki dengan terus mencoba menulis secara konsisten. Apapun itu, jika dilatih terus menerus akan membuahkan hasil, dan saya yakin akan bisa menulis cerpen suatu saat nanti, dengan catatan saya konsisten berlatih dan menulis.

Dalam dunia tulisan non fiksi saya ingin membuat sebuah penelitian tindakan kelas atau PTK. PTK merupakan jenis penelitian yang seharusnya erat bagi seorang guru, dan sayangnya saya belum pernah melakukannya. Tetapi harus saya coba bagaimanapun hasilnya. Semoga di semester ini saya bisa membuat satu penelitian tindakan kelas. Dan lagi-lagi belum ada tema tentang apa yang ingin saya teliti.

Dalam tulisan ini saya mencoba menuangkan apa yang ada di pikiran saya tentang minat saya dalam kepenulisan, dan saya masih bertekad menjadi seorang penulis. Setidaknya dengan tulisan ini saya masih mencoba konsisten untuk menulis. Tulisan ini saya akhiri di jam 21.20 wib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...