Sabtu, 11 Maret 2023

Menginstall Microsoft Teams di Linux

 

Ceritanya beberapa waktu kebelakang ini saya mengikuti suatu kegiatan yang bernama Orbit Guru Merdeka (OGM) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud, kegiatan ini terbagi menjadi tiga tahapan. Tahap pertama dan kedua berupa pelatihan mandiri, sedangkan tahap ketiga adalah pelatihan Master Trainer yang kemungkinan menggunakan Microsoft Teams.

Laptop saya menggunakan sistem operasi linux, tepatnya adalah Zorin OS 32 bit, karena memang laptop saya ini adalah laptop tua dengan spesifikasi Ram 2 GB dan prosesor dual core. Saya berpikir apakah microsoft teams dapat berjalan di linux. Setelah menonton video youtube di chanel Indonesia belajar yang membahas cara menginstall temas di linux, dan berhasil. Distro linux yang digunakan dalam video tersebut adalah Open Suse yang kemungkinan 64 bit.

Laptop saya menggunakan distro Zorin OS yang merupakan turunan dari Ubuntu. Teams tidak tersedia secara resmi di repositori resmi Zorin, sehingga untuk menginstalnya perlu menggunakan cara yang agak berbeda. Untuk menginstall teams di linux dapat menggunakan Snap atau Flatpak, keduanya adalah software manager seperti halnya apt di keluarga ubuntu.

Singkat cerita saya gagal menginstall teams di laptop saya, karena teams untuk linux cuma mendukung mode 64 bit dan laptop saya 32 bit. Namun saya akan tetap menuliskan bagaimana cara menginstall teams menggunkan snap atau flatpak dalam postingan kali ini.

Sebenarnya dokumentasi cara menginstall teams memalui snap atau flatpak sudah tersedia di website resmi masing-masing software manager, namun saya akan tetap membagikan pengalaman saya. 


1. Install Teams via Snap

Silahkan kunjungi website Snap di https://snapcraft.io/ .

Pada kolom pencarian silahkan ketikkan teams dan tekan enter.

Pilih teams, kemudian scroll ke bawah untuk melihat pilihan dokumentasi distro yang ada.

Pilih ubuntu, kemudian setelah halaman terbuka ikuti langkah yang diberikan. 
 
Buka terminal kemudian ikuti langkah yang diberikan.
sudo apt update
sudo apt install snapd
sudo snap install teams-for-linux

 

2. Install Teams via Flatpak

Kunjungi website flatpak di https://flathub.org


Pada kolom pencarian ketikkan teams dan tekan enter.


Pilih teams dan scroll ke bawah untuk melihat petunjuk penginstallan.


Buka terminal dan ketikkan langkah yang diberikan

flatpak install flathub com.github.IsmaelMartinez.teams_for_linux

flatpak run com.github.IsmaelMartinez.teams_for_linux 

 

Demikian pengalaman saya mencoba mnginstall Teams pada Zorin OS, namun tidak berhasil karena distro linux saya 32 bit, sedangkan MS Teams yang tersedia adalah untuk 64 bit. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...