Kamis, 13 Agustus 2020

Jari-jari ini terasa kaku lagi

Setelah sekian lama tidak mengetik atau menulis, jari-jari tangan ini seperti kaget saat digunakan untuk menekan keybord laptop kesayangan yang bersejarah ini. Lama tidak menulis membuak kemampuan saya mengatik dengan sepuluh jari turun. Dalam sekali percobaan mengetik ada saja kesalahan yang saya perbuat, seperti salah menekan huruf dan masih banyak lagi.

Saya menyadari saya banyak membuang waktu saya untuk hal-hal yang kurang berguna, yaitu kemalasan. Lebih tepatnya tidak berguna sama sekali. Sekitar dua bulan ini saya disibukkan untuk membuat video pembelajaran sebagai salah satu upaya saya memberikan layanan pendidikan yang baik kepada peserta didik selama masa pembelajaran dari rumah.

Sejujurnya saya tidak menikmati saat membuat video, saya lebih menikmati waktu dengan membaca dan menulis, sekarang buku OSN yang sedang saya kerjakan terbengkalai. Namun mulai malam ini saya meniatkan diri untuk bisa menyelesaikan buku impian saya ini. Langkah pertama yang harus saya lakukan adalah melakukan riset materi sebelum menulis, karena ini adalah buku non fiksi yang harus dialkukan kajian dulu sebelum ditulis, walaupun saya tahu kualitas buku yang saya tulis. Saya hanya ingin melakukan yang terbaik dengan sesuatu yang saya kerjakan, minimal saya mendapatkan kepuasan diri.

Saya harus menambah dosis saya dalam membaca, terutama Al Quran dan buku lainnya. Selain itu saya harus meningkatkan konsistensi saya dalam menulis. Menulis apa saja. Malam ini adalah permulaan lagi saya menulis, dan memang benar kata pepatah, memulai sesuatu yang telah terhenti jauh lebih susah daripada memulai saat pertama kali.

Musuh terbesar yang harus saya kalahkan adalah kemalasan yang ada pada diri saya sendiri, bukan dari luar atau dari orang lain. Saya harus memaksa diri saya untuk bisa konsistem membaca dan menulis, karena itu adalah kompetensi yang harus saya miliki sebagai seorang guru.

Bismillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...