Sabtu, 22 Agustus 2020

Ikut Pesantren tetapi Online

Alhamdulillah, Allah memberikan jalan untuk saya merasakan dunia pesantren. Dulu saya pernah bercita-cita untuk masuk pondok pesantren setelah lulus SMP, tepatnya ke pondok pesantren darul ulum jombang. Hal itu karena saya ingin seperti teman yang sudah saya anggap seperti kakak yang telah lebih dahulu masuk pesantren. Tetapi singkat kata, Allah mentakdirkan lain, saya tidak jadi masuk pondok pesantren dan meneruskan pendidikan di jenjang pendidikan formal biasa.

Keinginan saya untuk masuk pondok pesantren terjadi sekitar tahun 2001 dimana saya kelas tiga SMP. Sekarang tahun 2020 atau 19 tahun kemudian, Allah mentakdirkan saya untuk bisa merasakan dunia pondok pesantren, yaitu dengan bergabung dengan sebuah program pesantren Online yang menggunakan aplikasi zoom dalam pengajarannya.

Konsep pesantren online tidak pernah saya bayangkan sebelumnya, karena dalam pemikiran saya pendidikan pesantren diselenggarakan di pondok pesantren, santri harus tinggal di pesantren untuk menimba ilmu. Sekarang dengan segala kesibukan kerja saya, munculnya pesantren online seakan menjadi jawaban atas impian saya untuk menimba ilmu agama dengan cita rasa pondok pesantren.

Target saya adalah untuk bisa memahami bahasa arab, agar saya dapat memahami dan menghayati Al Quran. Pelajaran bahasa arab akan dimulai dari tingkat yang paling dasar, tetapi hal itu sudah sangat berarti bagi saya yang tidak bisa sama sekali bahasa arab. Dengan memahami bahasa arab saya berharap bisa mentadabburi Al Quran ketika membacanya atau bisa memahami bacaan sholat sehingga bisa khusyu.

Semoga Allah memberikan kesabaran dan keistiqomahan dalam saya belajar di pesantren online ini, memneri saya kemudahan untuk menyerap ilmu yang diajarkan dan menjadikan saya pribadi yang memiliki iman dan tauhid yang kuat. Dan menjadi manusia yang dekat dengan Allah swt. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...