Rabu, 12 Agustus 2020

Menejemen Diri

Satu hal yang sulit dilawan manusia adalah rasa malah pada dirinya sendiri. Semua orang, termasuk saya mengingginkan menjadi maju dan disiplin, namun kenyataannya melawan rasa malah sungguh sangat berat. Entah memang karena berat atau kita saja yang malas melawan rasa malas, terdengar lucu ya, malas melawan malas.

Saya pribadi sudah memikirkan beberapa hal yang harus saya kerjakan, bahkan sudah saya jadwalkan, namun semua tertunda dengan sistematis karena rasa malas yang ada pada saya. Hal tang tertunda adalah penulisan buku pegangan untuk OSN IPA, sudah jalan sampai bab ke sebelas, tinggal sekitar sepuluh bab lagi dan sampai sekarang belum tersentuh lagi.

Yang kedua membuat video pembelajaran untuk siswa saya, ya memang membuat video pembeajaran (ilmiah) tidak bisa langsung ambil gambar, namun saya harus riset dulu, apalagi untuk beberapa materi yang saya tidak paham. Namun saya bertekad nanti selama disekolah saya akan meriset materi kelas 7 dan 9 agar nanti siang dapat ambil gambar dan malamnya upload.

Selain riset untuk video pembelajaran, saya akan menulis RPP untuk kelas 9 bab yang kedua, tentang reproduksi pada tumbuhan dan hewan, selain itu ada lagi yang harus saya kerjakan seperti update jadwal di dapodik, dan tentu saja saya ingin mempunyai waktu untuk membaca, me time saya adalah membaca.

Dan yang paling penting, saya harus menyiapkan waktu untuk mengaji atau membaca Al Quran, sehingga bacaan saya bisa terjaga dan semakin baik, serta hafalah saya bertambah. Semoga Allah meridhloi saya dan keturunan serta keluarga saya.

sekian menulis di pagi hari ini, semoga bisa istiqomah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...