Rabu, 25 Maret 2020

untuk buku pertamaku (semoga)

Sudah lama saya bercita-cita untuk menulis buku, dan selama ini hal itu hanya menjadi cita-cita. Tapi untuk malam ini, saya akan melakukan satu langkah pertama, langkah yang kecil agar buku yang dicita-citakan tersebut segera terwujud. Malam ini saya akan menulis kerangka dasar atau outline dari buku saya tersebut.

Buku ini bukan novel, karena saya kurang bisa berimajinasi untuk membuat cerita fiksi. Buku ini adalah tentang Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA untuk siswa SMP. Buku ini akan berisi ringkasan materi dan trik dalam menghadapi soal OSN. Bab-bab dalam buku ini akan mengacu pada silabus OSN sebelumnya, yang menurut saya tidak akan banyak berubah dari tahun ke tahun.

Bab dalam buku ini akan dituangkan dalam 16 bagian yang mewakili materi-materi IPA SMP. materi-materi tersebut adalah pengukuran, zat dan kalor,energi, gerak dan gaya, fluida, getaran gelombang dan bunyi, cahaya dan optika, listrik dan magnet, ilmu pengetahuan bumi dan antariksa, makhluk hidup dan lingkungannya, keanekaragaman dan pengelompokkan makhluk hidup, organisasi kehidupan, ekologi, struktur dan fungsi tumbuhan, sistem-sistem pada manusia dan hewan, serta pewarisan sifat.

Penulisan materi dalam buku ini akan saya targetkan dalam waktu 16 minggu atau empat bulan. Berarti penulisan satu bab mengambil waktu satu minggu. Waktu satu minggu akan saya gunakan untuk mengumpulkan berbagai sumber baik dari buku maupun sumber lain (internet). Karena buku ini bukan buku fiksi tapi lebih ke buku pengayaan untuk pembelajaran maka keilmiahan buku ini juga harus diperhatikan.

Penulisan daftar pustaka atau sumber  harus diperhatikan, penulisan yang bersifat plagiat harus dihindarkan, dan berbgai gambar, tabel, dan grafik jika dimasukkan dalam buku ini juga harus mencantumkan sumbernya. Dalam tiap bab selain elaborasi materi juga akan ada beberapa soal yang diambil dari soal OSN tahun sebelum-sebelumnya dan tentu saja disertai dengan pembahasan.

Buku ini kedepannya akan saya gunakan dalam pembimbingan siswa di SMPN 4 Satu Atap Kragan Kab. Rembang dalam menghadapi seleksi OSN IPA di tingkat kabupaten. Buku ini bukan untuk tujuan komersil walaupun tidak menutup kemungkinan ke arah tersebut jika buku ini dipandang layak.

Proses penulisan buku ini akan saya update tiap malam sebagai jurnal pribadi saya dan untuk membiasakan menulis agar terus komitmen atau istiqomah. Semoga ALLAH mengampuni dosa-dosaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...