Senin, 05 Juli 2021

Pagi ini : Tulisan Tanpa Ide


Pagi ini saya ingin menulis, tapi tidak tahu ide apa yang akan saya jadikan tema tulisan, jadilah judul postingan blog untuk pagi ini: Tulisan Tanpa Ide. Memang karena tidak ada ide harus menulis apa, namun keinginan untuk menulis muncul cukup kuat. Setidaknya tulisan ini merupakan bentuk mencoba konsisten untuk menulis, walaupun cuma beberapa paragraf saja.

Saya pernah membaca sebuah buku berjudul "Atomic Habbits" karya James Clear, dalam buku tersebut mengulas bagaimana upaya menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang jelek. Secara umum membentuk konsistensi dalam membuat suatu kebiasaan tidak bisa langsung dipaksakan dalam dosis yang besar, namun melatih sebuah kebiasaan baru harus sedikit demi sedikit. Sebuah kebiasaan kecil yang dilakukan terus menerus secara konsisten, maka dalam waktu satu tahun kebiasaan tersebut akan terlihat dampaknya dalam kehidupan kita.

Saya mencoba untuk bisa menulis satu postingan per hari di blog pribadi saya ini, dan itupun belum bisa konsisten. Terlalu banyak alasan yang dapat saya pergunakan untuk membenarkan inkonsistensi saya tersebut, yang sebenarnya bukan sebuah alasan yang tepat. Yang terpenting bagiamana bisa melawan dan menciptakan kebiasaan baru untuk menulis setiap hari, entah ada ide yang menarik atau tidak. Goals saya adalah saya mempunyai kebiasaan menulis dan dapat berkarya lewat tulisan saya.

Salah satu jenis tulisan yang ingin saya pelajari adalah tulisan fiksi, seperti cerpen dan novel. Menurut saya menulis cerpen atau novel lebih sulit daripada menulis sebuah buku ajar, entah karena saya yang belum terbiasa atau memang sebenarnya lebih sulit. Tetapi itu tantangan saya, saya sekarang sedang mencoba menulis di platform KBM app. Untuk langkah awal saya sedang menulis sebuah buku tentang pembahasan OSN IPA SMP tahun 2016-2020. Namun target saya adalah saya dapat membuat cerpen atau novel, sebagai pembuktian bahwa saya bisa menulis apapun genre tulisannya.

Langkah pertama saya, saya akan mempersiapkan membuat kumpulan cerpen, mungking sepuluh judul cerpen saja. Jika saya dapat melaluinya maka saya bisa meraih target awal saya membuat cerpen, sebelum membuat nove. Semoga Allah memudahkan. Aamiin.

Mungkin ini saja tulisan saya untuk pagi ini, selamat menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...