Akhirnya Kamis kemarin (19/12/2024) Project P5 yang bertmakan Rekayasa dan Teknologi selesai, dan sukses. Dalam kegiatan ini siswa kelas IX bergotong royong untuk membuat sebuah lampu taman dengan mengintegrasikan LDR (Light Depending Resistor) atau saklar fotoelektrik.
Tentu anda semua agak heran dengan project lampu taman tapi pada gambar di atas terlihat terpasang di depan kelas. Ya memang sebenarnya yang direncanakan dari awal adalah sebuah lampu taman yang dipasang di taman, namun karena terkendala dalam pemasang lampu di taman sekolah, maka area pemasangan ditempatkan di teras kelas IX. Terkadang rencana memang tidak berjalan sesuai yang direncanakan, selalu ada tantangan. Namun selalu ada solusi untuk setiap tantangan.
Kegiatan P5 ini dilaksanakan sejak pagi, masih dalam suasana menjelang pembagian buku rapor. Pada hari tersebut hampir semua rancangan lampu taman yang dibuat oleh siswa masuk dalam tahap akhir. Dalam kegiatan terebut setiap siswa bekerja sama, ada yang meneruskan menghias lampu, ada yang memasang lampu pada dinding, dan yang terakhir adalah penyelesaian instalasi jaringan listrik.
Tampak antusias siswa dalam kegiatan pada hari itu, ada yang sibuk mempercantik lampu yang dibuatnya, ada yang asyik membor dinding, ada juga yang menata jaringan kabel. Semua siswa bekerja saling bahu membahu agar apa yang sudah direncanakan dalam project ini dapat selesai sesuai harapan.
Singkatnya, semua lampu sudah terpasang di dinding kelas, jaringan perkabelan juga sudah selesai, dan akhirnya akan dilakukan tes untuk mengetahui apakah lampu bekerja sesuai yang direncanakan.
Dalam tes tersebut kami mencoba menutup saklar fotoelektrik, supaya tidak terkena cahaya matahari, dan beberapa saat kemudian semua lampu menyala. Kemudian kami membuka penutup pada saklar fotoelektrik, dan beberapa saat kemudian lampu menjadi mati. Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa rangkaian listrik bekerja sesuai yang diharapkan.
Setelah pemasangan lampu selesai, siswa beristirahat beberapa saat. Saat istirahat tersebut beberapa ada yang membeli makanan di kantin sekolah, dan beberapa lainnya bermain bola di lapangan. Sepertinya mereka tidak merasakan lelah atau capek.
Setelah istirahat dilanjutkan dengan kegiatan refleksi mengenai project P5 ini. Kegitan refleksi ini dipandu oleh rekan saya, ibu Dian Feriana Rahmi, seorang guru bahasa inggris yang serba bisa. Dalam sesi refleksi tersebut siswa menyampaikan bagaimana perasaan mereka selama menjalankan project ini, sekaligus mengetahui berbagai pelajaran atau hal positif yang dirasakan siswa dalam project ini.
Dalam kegiatan refleksi tersebut, siswa menuliskan apa yang dirasakannya pada sticky note, kemudian ditempel di depan kelas. Secara umum siswa senang dengan kegiatan P5 ini, banyak alasan dan juga pelajaran yang mereka sampaikan dalam kegiatan ini. Ada yang mengutarakan bahwa kegiatan ini mempererat kerjasama kelompok, memberikan mereka pengalaman baru bagaimana membuat rangkaian listrik, dan mereka juga bercita-cita untuk membuat hal serupa di rumah.
Ya, banyak manfaat yang saya lihat bagi siswa dalam kegiatan ini. Mereka belajar bekerja sama dalam kelompok, belajar melakukan perencanaan suatu kegiatan, belajar membagi tugas dalam kelompok, dan belajar untuk berani mencoba hal-hal baru. Para siswi juga menikmati proses kegiatan ini, dimana kabel, lampu, dan membuat rangkaian listrik merupakan hal baru untuk mereka.
Tentu untuk mengetahui bagaimana nyala lampu buatan mereka ini secara nyata, adalah pada sore hari. Saya yakin mereka membayangkan bagaimana ketika suasana mulai sore dan lampu mereka tiba-tiba menyala, adalah hal yang mereka tunggu.
Salah seorang siswa yang rumahnya berada dekat sekolah, akhirnya melihat bagaimana kondisi lampu mereka pada malam hari. Lampu yang mereka buat menyala terang, dan memperindah suasana teras kelas mereka. Siswa tersebut merekam video bagaimana suasana lampu menyala pada sore hari.
Akhirnya project P5 ini selesai dan sesuai harapan. Yang terpenting siswa merasa senang dan menikmati keseluruhan kegiatan. Mereka mendapatkan pengalaman baru dan profil pelajar pancasila sedikit banyak tertanam dalam diri mereka. Saya berharap kreativitas mereka semakin tumbuh, dan suasana positif terbangun pada diri siswa.
Sekali lagi selamat untuk siswa kelas IX, kalian semua hebat.
Reportase:
Kerennnnnn. Sangat menginspirasi
BalasHapus