Selasa, 15 September 2020

CAMPBELL-REECE : Pengantar Metabolisme | Bagian 2

BENTUK-BENTUK ENERGI

Energi merupakan kemampuan untuk menyebabkan perubahan. Dalam kehidupan energi memiliki peranan yang penting karena energi digunakan untuk melakukan kerja. Dalam sudut pandang sel, energi kemampuan untuk menyusun kumpulan materi atau molekul.



Energi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari terdapat dalam berbagai bentuk. Dalam tulisan ini kita akan membahas beberapa bentuk energi antara lain :

  1. Energi Kinetik. Merupakan energi yang berasosiasi dengan gerak benda, atau dapat dikatakan energi yang dimiliki benda karena geraknya. 
  2. Energi Panas.  Merupakan energi kinetik yang berasosiasi dengan gerakan acak atom atau molekul. Dalam seberkas sinar matahari tersimpan energi dalam bentuk panas yang dapat ditangkap oleh tumbuhan dan digunakan untuk proses fotosintesis.
  3. Energi Potensial. Energi yang dimiliki suatu materi karena struktur atau lokasinya. 
  4. Energi Kimia. Istilah energi kimia digunakan ahli biologi untuk mengacu pada energi potensial yang dapat dilepaskan dalam suatu reaksi kimia.
Katabolisme merupakan salah satu cara untuk menguraikan molekul kompleks menjadi lebih sederhana dan melepaskan energi kimia. Selama reaksi katabolisme atom-atom disusun dan melepaskan energi (ATP) dan menghasilkan produk hasil penguraian dengan energi yang lebih rendah.

Selain itu contoh rekasi katabolisme adalah pembakaran bahan bakar bermotor (BBM) dalam mesin kedaraan, dimana rantai hidrokarbon diputus dan bereaksi secara eksplosif sehingga menggerakkan piston kendaraan. Dalam peristiwa tersebut terjadi perubahan energi kimia menjadi enrgi kinetik.

Makanan sebagai sumber energi bagi makhluk hidup tercipta melalui proses fotosintesis yang menggunakan energi panas/cahaya dari matahari. Fotosintesis merupakan reaksi anabolisme dimana dalam proses tersebut molekul seperti air dan karbondioksida diubah menjadi molekul glukosa. Molekul glukosa menyimpan energi kimia yang berasal dari energi cahaya matahari.

Selanjutnya glukosa dalam makanan dapat dicerna makhluk hidup dan digunakan dalam respirasi seluler untuk sehingga menghasilkan energi untuk aktifitas makhluk hidup. Sehingga dapat dikatakan energi tidak hilang, namun di ubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...