Rabu, 09 September 2020

Selalu ada jalan

Allah itu maha adil dan penyayang kepada hamba-Nya. Saat kita merasa mendapatkan suatu ujian kita harus menyakini bahwa Allah tidak akan memberi ujian melebihi kemampuan hamba-Nya, kita pasti mampu untuk melaluinya. Keyakinan itu baru akan terbentuk kuat saat kita yakin kepadaNya dengan tauhid yang sungguh-sungguh. Pasti bisa.

Sama seperti saat kita akan melakukan sesuatu dan kita tidak tahu bagaimana melakukannya, kita harus yakin bahwa Allah pasti akan memberikan jalan keluar atau solusinya. Saat jalan keluar itu nampak dihadapan kita ujian akan datang lagi, sering kali kita merasa jalan yang terlihat begitu berat dan kita merasa tidak mampu untuk melaluinya.

Sesungguhnya setan selalu menggoda kita, membuat kita ragu dan pada akhirnya membuat kita menyerah. Kita harus menanamkan pada diri kita sendiri bahwa setan itu adalah makhluk yang lemah, dan kita mampu untuk melawan mereka. Selama kita yakin kepada Allah kita akan mampu.

Jadi ikhtiar yang luar biasa harus didahului dengan kepasrahan kepada-Nya. Sehebat apapun kita berusaha kalau Allah tidak berkehendak, maka akan tidak terlaksana. Begitu pula sebaliknya, walaupun kita merasa tidak mampu, tapi kalau Allah berkehendak, semua akan terselesaikan juga.

Allah lah yang memampukan. Ikhtiar penting tapi tauhid lebih penting. Semoga bisa Istiqomah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...