Senin, 27 April 2020

Menemukan kursus online

Sebagai seorang manusia, secara pribadi saya selalu mempunyai keinginan untuk selalalu berkembang, meningkatkan kemampuan, dan berusaha menjadi pribadi dengan kualitas unggul. Keinginan untuk selalu belajar Alhamdulillah masih bergelora di diri saya. Dengan situasi pandemi seperti sekarang ini, dimana sekolah diliburkan, acara seminar dan pelatihan yang mengumpulkan banyak orang ditiadakan, maka cara yang paling masuk akal adalah mencari sendiri sumber belajar yang bisa saya peroleh, terutama lewat media online.

Berawal dari youtube beberapa hari terakhir, saya bertemu dengan channel pak Onno W Purba, seorang praktisi informatika dan pembicara yang enak dan cukup jenaka. Saya mulai tahu nama Onno W Purba sejak tahun 2009 dimana saya mulai mengenal linux, dan di awal masa dinas saya dirembang, saya mengikuti sebuah seminar di pendopo rumah dinas bupati Rembang dimana pak Onno menjadi narasumbernya. Dengan gaya bicara khas beliau, ditambah kesenangan saya dengan dunia komputer, terutama pada waktu itu linux, saya menjadi sangat antusias.

Di channel beliau saya mempelajari lagi hal-hal yang berhubungan dengan komputer, dan kangen lagi dengan linux. Dari salah satu video yang beliau upload adalah tentang e-learning yang beliau buat, yaitu e-learning rakyat. Dalam e-learning tersebut banyak sekali tersedia kursus online, dan salah satu topik yang ingin saya ikuti adalah teknik menulis artikel.

Saya ingin menjadi penulis yang hebat, penulis yang kalau orang membaca tulisan saya merasa enjoy. Saya ingin menjadi penulis buku dan penulis artikel ilmiah. Ini adalah salah satu cara saya untuk meningkatkan kemampuan menulis saya. Saya berharap, karena sudah banyak kegiatan yang harus tidak berjalan karena pandemi ini, maka harus ada gantinya untuk saya. Setelah pandemi ini saya harus memiliki kemampuan yang meningkat, menjadi guru yang lebih profesianal, menjadi guru yang juga penulis, dan menjadi guru yang memiliki channel youtube yang mengulas linux untuk pendidikan.

Tantangan terbesar dari kursus online adalah diri saya sendiri. Menjaga semagat untuk terus belajar merupakan suatu tantangan yang cukup besar. Karena kursus online seperti ini akan bisa maksimal asal kita bisa aktif dan tidak malas dalam belajar. Karena tidak ada tuntutan dari luar, maka kita yang harus menuntut diri kita sendiri untuk terus belajar dan belajar.

Akhirnya target saya selama pandemi ini adalah menjadi manusia yang lebih baik dan berkualitas dari segi iman dan agama, selain itu menjadi manusia yang berguna dalam kehidupan dimana saya berada. Semoga Allah segera melenyapkan pandemi corona ini, dan menjadikan kehidupan saya lebih baik lagi dunia dan akhirat. Menjadi manusia yang membawa iman dan kalimat tauhid sampai mati. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...