Minggu, 19 April 2020

Update buku per hari ini , minggu 19 April 2020

Alhamdulillah, akhirnya bab kedua dari buku yang sedang saya kerjakan akhirnya selesai juga. Penulisan bab dua ini memakan waktu yang cukup lama, bukan karena materinya susah, sumber pustakanya kurang, namun lebih kepada kemalasan saya selaku penulis.

Sikap malas memang menjadi utama untuk bisa konsisten menulis, rasa malah dan meremehkan menjadi bumerang bagi saya dalam proses penulisan buku ini. Menunda-nunda pekerjaan, dan berharap besok bisa dikerjakan dengan semangat, tetapi yang terjadi keesokan harinya hal yang sama terjadi.

Saya menargetkan untuk penulisan bab ketiga besok, yaitu tentang energi dapat dilaksanakan secara disiplin dan tepat waktu. Saya menargetkan bab ini agar bisa selesai dalam waktu empat hari, termasuk dengan pembahasan soalnya. Saya akan menganggarkan waktu mulai jam delapan pagi untuk start menulis hingga satu atau dua jam berikutnya.

Saya yakin musuh terbesar saya dalam penulisan buku ini adalah diri saya sendiri. Jika saya mampu mengalahkan diri saya sendiri maka saya akan menjadi pemenangnya. Namun selain menulis ini saya mempunyai tanggung jawab lain yang sedikit terlupakan, yaitu memberi pelajaran kepada siswa saya selama libur sekolah dikarenakan wabah COVID-19.

Saya merencanakan menggunakan portal google classroom untuk melaksanakan pembelajaran. setelah saya selesai menulis di blog ini, insyaAllah saya akan mencoba untuk membuat google classroom. Bismillahhirrahmanirrahim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...