Selasa, 07 April 2020

update proyek buku

Alahamdulillah, di malam yang sunyi ini dengan suasana yang sepertinya mau hujan, akhirnya saya dapat menulis untuk buku yang saya rencanakan. Buku panduan OSN IPA SMP, ya itulah buku yang sedang saya kerjakan. Sampai malam ini sudah ada kemajuan dalam menulis buku tersebut.

Bab pertama tentang pengukuran akhirnya bisa saya selesaikan kemarin malam, selasa 6 April 2020. Bab pertama tersebut membutuhkan waktu sekitar seminggu atau lebih, hal ini sebenarnya bukan karena bab tersebut susah, namun lebih karena kemalasan saya dan banyak menunda waktu untuk menulis. Tapi akhirnya Alhamdulillah bab tersebut telah selesai dengan isi materi dan lima buah contoh soal yang disertai dengan pembahasannya.

Dan pada hari ini rabu 7 April 2020, sudah mulai menginjak bab kedua. Malam hari ini saya sudah menyelesaikan satu sub bab di bab kedua ini. Bab kedua ini berisi tentang zat dan kalor, sub bab yang sudah selesai saya ketik adalah zat dan wujudnya.

Alhamdulillah, Allah telah menakdirkan saya memiliki banyak buku referensi di rumah. Sedikit kilas balik, sejak kecil (SD) saya selalu meminta ibu saya agar menyimpan buku-buku sekolah saya. Saya tidak mau buku-buku saya dijual atau ditukar. Dulu saya hanya merasa eman dengan semua buku-buku iru, dan akhirnya buku-buku itu menumpuk di rumah. Kebiasaan itu berlangsung sampai saya dewasa sekarang.

Setelah saya sekarang berdomisili di Rembang dan berprofesi sebagai guru, saya merasakan hikmah yang sangat luar biasa dari takdir itu, saya mempunyai banyak sekali koleksi buku. Sehingga sekarang saya merasa senang dengan menulis dan berenacana membuat sebuah buku, saya tidak kesulitan untuk mencari sumber referensi.

Sebagai Individu saya agak hobi membaca, terutama dalam bentuk buku yang dicetak. Saya kurang suka membaca buku dalam format ebook karena menurut saya membaca ebook tidak nyaman. Membaca ebook lewat smartphone tidak nyaman karena layarnya kecil, kalau lewat laptop tidak praktis karena tidak bisa sambil tiduran. Jadi saya merasa membaca buku cetak terasa lebih nyaman dimana kita bisa memegangnya, membuka tiap halamannya, dan bisa dibaca secara santai dengan tiduran pun bisa.

Sekian dulu update buku malam ini, semoga besok tidak malas untuk menulis lagi. saya mencita-citakan buku ini menjadi buku pertama saya dan menjadi jalan pembuka untuk buku berikutnya. itu cita-citanya, semoga terwujud. Bismillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 : Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dalam modul pertama tentang Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) memberikan penjelasan mengenai bagaimana pendidikan seh...